belajar bareng yuk^^

Laman

Quote

Quote

Powered by Blogger.

Popular Posts

Quote

Search

Loading...

Followers

Entri Populer

PLANOLOGI

PLANOLOGI
PLANOLOGI adalah ilmu atau pengetahuan tentang rancangan pembangunan kota dan lain sebagainya
Ditinjau dari berbagai disiplin ilmu, terdapat berbagai pengertian tentang kota:
a). Menurut Ilmu ekonomi
kota merupakan pusat atau tempat bertemunya kegiatan produksi, distribusi, konsumsi, kebutuhan hidup manusia.
b). Secara Sosiologis,
kota merupakan wilayah dengan sejumlah penduduk yang berpola pikir lebih rasional, pola perilaku berdasarkan keuntungan, tingkat kompetisi baik individual maupun kelompok yang tinggi, pola hubungan sekunder kontrol sosial kecil.
c). Dari aspek Teknik Sipil,
kota merupakan suatu arena tertentu yang dilingkar dengan jaringan-jaringan prasarana lingkungan(jaringan jalan, drainase, saluran pembuangan, jaringan pipa air bersih,jaringan listrik yang dibangun dengan teknologi maju).
d). secara Architecture,
kota merupakan suatu ruang yang sebagian terbesar merupakan daerah terbangun. Sebagai tempat kegiatan dan fasilitas penunjang dalam mempertahankan hidup dan mengembangkan kehidupan.
e). Menurut peraturan menteri dalam negeri nomor 2 tahun 1987 tentang pedoman Penyusunan rencana kota, yang dimaksud dengan “kota” adalah pusat permukiman dan kegiatan penduduk yang mempunyai batasan wilayah administrasi yang diatur dalam peraturan perundang-undangan, serta permukiman yang telah memperlihatkan watak dan ciri kehidupan perkotaan.

f).Pengertian Perencanaan wilayah.
Perencanaan penggunaan ruang wilayah dan perencanaan aktivitas pada ruang wilayah tersebut. Perencanaan ruang wilayah tercakup dalam kegiatan perencanaan tata ruang, sedangkan perencanaan aktivitas pada ruang wilayah (terutama aktivitas ekonomi) tercakup dalam kegiatan perencanaan pembangunan wilayah, baik jangka panjang maupun jangka pendek.
4 Dasar Pola Perencanaan Kota
1.Dasar Fisik : Sebuah kota adalah wujud yang kelihatan berupa bangunan-bangunan jalan, taman dan benda2 lain yang menciptakan bentuk kata tersebut
2.Dasar Ekonomi : Sebuah kota memberikan alasan bagi Eksistensi
3.Dasar Politik : Sebuah kota sangat penting bagi ketertiban
4.Dasar Sosial :Sangat penting supaya kota ada artinya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori planologi dengan judul PLANOLOGI. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://belajar-teknik-sipil.blogspot.com/2009/09/planologi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: GONDELLS -

1 Komentar untuk "PLANOLOGI"