MANAJEMEN KONSTRUKSI


  MANAJEMEN KONSTRUKSI
PENDAHULUAN
BERBAGAI DALAM DAN LUAR NEGERI DIBACA, ADA  315 PENGERTIAN MANAJEMEN. TIGA RATUS LIMA BELAS PENGERTIAN MANAJEMEN TERSEBUT, DIANALISIS TITIK TEMU KESAMAAN SEKALIGUS PERBEDANNYA BERBASIS LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PENULIS SENDIRI ADALAH BIDANG MANAJEMEN. SEHINGGA KETEMU SUDAH TERDAPAT TUJUH KELOMPOK ARTI MANAJEMEN.
  TUJUH ARTI MANAJEMEN
  1. MANAJEMEN SEBAGAI ALAT ATAU CARA. INI MEMPUNYAI ARTI PENGGUNAAN MANUSIA, UANG, BAHAN-BAHAN, PERLENGKAPAN DAN METODE SECARA EFEKTIF DEMI MENCAPAI TUJUAN.
  2. MANAJEMEN SEBAGAI KEKUATAN. ARTINYA, SEBUAH KEKUATAN YANG MEMIMPIN, MEMBERI PANDUAN, DAN MENGARAHKAN SUATU ORGANISASI UNTUK MENCAPAI TUJUAN YANG TELAH DITETAPKAN.
  3. MANAJEMEN SEBAGAI SISTEM. SISTEM PERILAKU KERJASAMA MANUSIA YANG DIARAHKAN DALAM MENCAPAI TUJUAN LEWAT AKTIFITAS-AKTIFITAS RASIONAL BERKESINAMBUNGAN.
  4. MANAJEMEN HUGA SEBAGAI PROSES. PROSES PENCAPAIAN HASIL YANG DIINGINKAN VIA PENGGUNAAN SUMBER DAYA SECARA EFISIEN.
  1. MANAJEMEN SEBAGAI FUNGSI. INI BERARTI, FUNGSI DARI DEWAN MANAJER ATAU SERING DISEBUT MANAJEMEN UNTUK MENETAPKAN KEBIJAKAN, KEBIJAKSANAAN-KEBIJAKSANAAN SERTA BERTANGGUNG JAWAB DALAM MEMBENTUK STRUKTUR ORGANISASI UNTUK MELAKSANAKAN KEBIJAKAN YANG DITETAPKANNYA.
  2. MANAJEMEN SEBAGAI TUGAS. TUGAS DARIPADA PERENCANAAN, PENGORGANISASIAN, PEMOTIVASIAN DAN PENGAWASAN MENCAPAI SATU ATAU LEBIH TUJUAN.
  3. MANAJEMEN SEBAGAI AKTIFITAS. SEBAGAI AKTIFITAS KATA MANAJEMEN MERUJUK PADA ARTI PENCAPAIAN TUJUAN YANG TELAH DITETAPKAN MELALUI USAHA-USAHA YANG DILAKUKAN ORANG LAIN.
MANAJEMEN MEMUNCULKAN DIRINYA SEBAGAI AKTIFITAS YANG DILAKUKAN SEKELOMPOK ORANG DALAM SUATU SISTEM RELATIONSHIP DENGAN PERTOLONGAN SUMBER DAYA BERSAMA SELURUH FASILITAS MENCAPAI TUJUAN YANG HENDAK DIPEROLEH SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN. AAH PAK DJOKO APALAH ARTI SEBUAH NAMA.
JADI  MANAJEMEN SECARA LUAS BERARTI MENGELOLA. (IMAM MULYANA)
  Prinsip manajemen
PRINSIP-PRINSIP DALAM MANAJEMEN BERSIFAT LENTUR DALAM ARTI BAHWA PERLU DIPERTIMBANGKAN SESUAI DENGAN KONDISI-KONDISI KHUSUS DAN SITUASI-SITUASI YANG BERUBAH. MENURUT HENRY FAYOL, SEORANG PENCETUS TEORI MANAJEMEN YANG BERASAL DARI PERANCIS, PRINSIP-PRINSIP UMUM MANAJEMEN INI TERDIRI DARI:
    1. PEMBAGIAN KERJA (DIVISION OF WORK)
    2. WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB (AUTHORITY AND RESPONSIBILITY)
    3. DISIPLIN (DISCIPLINE)
    4. KESATUAN PERINTAH (UNITY OF COMMAND)
    5. KESATUAN PENGARAHAN (UNITY OF DIRECTION)
    6. MENGUTAMAKAN KEPENTINGAN ORGANISASI DI ATAS KEPENTINGAN SENDIRI
    7. PENGGAJIAN PEGAWAI
    8. PEMUSATAN (CENTRALIZATION)
    9. HIRARKI (TINGKATAN)
    10. KETERTIBAN (ORDER)
    11. KEADILAN DAN KEJUJURAN
    12. STABILITAS KONDISI KARYAWAN
    13. PRAKARSA (INISIATIVE)
    14. SEMANGAT KESATUAN, SEMANGAT KORPS
  Manajer
  Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi.
  Piramida jumlah karyawan pada organisasi dengan struktur tradisional, berdasarkan tingkatannya.
  Pada organisasi berstruktur tradisional, manajer sering dikelompokan menjadi manajer puncak, manajer tingkat menengah, dan manajer lini pertama (biasanya digambarkan dengan bentuk piramida, di mana jumlah karyawan lebih besar di bagian bawah daripada di puncak).
  TINGKATAN MANAJER
Tingkatan manajer mulai dari bawah ke atas:
  Manejemen lini pertama (first-line management), dikenal pula dengan istilah manajemen operasional, merupakan manajemen tingkatan paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi. Mereka sering disebut penyelia (supervisor), manajer shift, manajer area, manajer kantor, manajer departemen, atau mandor (foreman).
  Manajemen tingkat menengah (middle management), mencakup semua manajemen yang berada di antara manajer lini pertama dan manajemen puncak dan bertugas sebagai penghubung antara keduanya. Jabatan yang termasuk manajer menengah di antaranya kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik, atau manajer divisi.
  Manajemen puncak (top management), dikenal pula dengan istilah executive officer. Bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh top manajemen adalah CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information Officer), dan CFO (Chief Financial Officer).
  KETERAMPILAN MANAJER

  MANAJEMEN KONSTRUKSI
MANAJEMEN KONSTRUKSI TERDIRI DARI DUA KATA YAITU :
  MANAJEMEN (MANAGEMENT)
  KONSTRUKSI (CONSTRUCTION)
Manajemen ialah suatu proses nyata yang terdiri dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling), yang masing masing saling memanfaatkan dalam bidang ilmu pengetahuan (science) maupun keahlian (art), dalam rangka untuk mencapai mencapai tujuan sasaran yang telah ditetapkan.
  KONSTRUKSI
  Pengertian konstruksi dalam masyarakat masih banyak kerancuan-kerancuan. Istilah konstruksi beton, konstruksi baja, konstruksi kayu misalnya, seringkali masih digunakan untuk maksud mengartikan struktur rangka beton, struktur baja, struktur kayu. Kerancuan ini kemungkinan timbul karena di masa lalu kita pernah menggunakan sebagai padanan kata constructie (bahasa Belanda, struktur) yang artinya berlainan dengan kata construction (bahasa Inggris, pembangunan).
  MANAJEMEN KONSTRUKSI
  Manajemen konstruksi yang selama ini digunakan oleh kalangan luas adalah padanan dari istilah bahasa Inggris construction management  yang berarti pengelolaan pembangunan sesuatu bangunan.
 

10 comments

Perkenalakan saya ada di bidang Manufacture Rubber untuk Konstruksi Jembatan yaitu Elastomeric Bearing Pads.Artikel semacam ini sangat membatu saya Pak..Salam Pembangunan

Salam kenal..
YAP, SAlam Embangunan ^^

Saya juga pemerhati bidang manajemen konstruksi,bisa saling bagi info.

saya mahasiswa Teknik Sipil perguruan tinggi Unmus.. artikel bapak sgt membantu sy dlm menyelesaikn tgas... trm ksh

makasih info............kita tunggu kunjungan baliknya ke link kita

salam kenal pa.
saya mahasiswa UNLA Bandung.
saya sedang bingung mau memilih konsentrasi sipil apa ya?
kalo management konstruksi prospek kedepanya bagaimana pa?

rinirahmah75@gmail.com delete 14 November 2013 at 12:30

terima kasih deh atas materi yang disampaikan di internet,mengingatkan kita tentang mata kuliah pada waktu kuliah di fakultas teknik untan seingat kita tahun 1996,alhamdulillah dapat nilai A(grade) dengan ibu dosen Ir.Rara Endang,MT dan mbak Indrayani,ST.Teknologi manajenen yang terkini mungkin adalah CPM&PERTH dengan komputerisasi yang terdesain di China/RRC.Mudah2an deh finansial seperti informasi di internet semakin menambah implamentasi teknologi manajemen berkarakter indonesia dengan kemapuan grammar unbelieved in illuminati 2013 command.MAG in meisje indonesia teknology not you survive againts in news life in civil engineering of indonesian product.

Ini info manajemen secara umum, kami memberikan informasi practical management juga.

nambah ilmu ,terima kasih postingnya...
kalau ada yang butuhBor Pile bisa kunjungi kami

Bagi yang membutuhkan bor pile dan strauss pile kami bisa bantu